Friday, October 26, 2018

Fayyaza's Birth Story

Alhamdulillah ada waktu buat ngupdate blog, kali ini aku mau share pengalaman melahirkan anak pertama aku.

Kamis, 4 Oktober 2018
Subuh

Seperti biasa aku sama suami sholat berjamaah di masjid dekat rumah kami, emang udah tekad banget selama hamil pengen kalo bisa 5 waktu di masjid mumpung lagi ga ada halangan sama sekali. Kelar solat karena itu hari kamis dan suami puasa jadinya abis solat bobo lagi tapi sebelum tidur aku ngelus perut sambil bilang, "kamu ga mau keluar aja dek?" abis itu tidur pules sampe akhirnya jam 6.45 kebangun. Saat itu suami lagi di mandi dan aku turun dari tempat tidur langsung ngerasa mbeees... air keluar gitu kayak pipis tapi aku inget kakakku bilang bedanya air pipis sama air ketuban pecah itu kamu ga bisa nahan air itu. Kalo pipis kan masih bisa di tahan biar ga keluar, nah ini tuh aku coba tahan tapi tetep keluar. Langsung agak panik gedor pintu kamar mandi sambil setengah teriak ke suami, "Sayang... kayaknya aku pecah ketuban deh ini kayak air keluar terus semacam pipis..tapi kata mba ais kalo pipis bisa ditahan nah ini keluar terus sayang." ga berapa lama suami keluar dari kamar mandi dan langsung pakaian. 

Aku yang lagi panik binggung mau ngapain terus aku bilang ke suami aku mau mandi dulu, kata suami udahlah cuci muka sikat gigi aja terus langsung jalan ke RS. Sambil siap-siap aku sempet nelfon kakakku dan nyeritain soal si air ketuban dan kakakku juga langsung nyuruh aku cepet ke RS. Nah yang paling nakutin adalah pas bilang ke bunda. Karena bundaku super duper panikan banget orangnya sedangkan aku harus ambil mobil dirumah depan which is pasti ketemu sama bunda. Akhirnya dengan nada super duper santai (biar ga bikin bunda panik) aku bilang, "aku mau ke RS bun. kayaknya udah ngerembes air ketuban". Dan bener aja dia langsung PANIK, untuk nenangin dia aku cuman bilang aku mohon doanya terus nyalam tangan bunda dan cium pipinya abis itu aku langsung cusss sama suami otw ke RS.

Nah perjalanan dari rumah ke RS itu paling cepet ya sekitar 30menitan itu juga kalo jalanan sepi. Suami memutuskan lewat jalan dari Jl Raya Bekasi (Motong lewat dari Taman Modern, biar agak lebih cepet). Alhamdulillahnya hari itu jalanannya ga macet-macet banget dan jalanan lawan arahnya di pake sama pengguna jalan yg kiri jadi aku jam 8 sudah sampe di RS Antam Medika dan langsung turun di IGD jalan pelan-pelan terus susternya ngarahin aku buat tiduran di salah satu kasur di IGD. Nah selama perjalanan dari rumah ke RS yg kurang lebih 45 menitan aku udah mulai ngerasain mules-mules yang biasa di sebut kontraksi atau gelombang cinta (bener ga tuh?). Secara ini hamil pertama aku, aku cuman inget karena baca pengalaman melahirkannya orang lain. 

Pokoknya setiap dateng mules-mulesnya diitung menitnya, jadilah aku selalu liat jam di mobil dan ngitung berapa menit sekali datengnya. Nah datengnya si kontraksi tuh kayak 5 menit sekali tapi tiba2 7 menit sekali terus 6 menit sekali terus 5 menit lagi pokoknya kayak gitu terus. Sampe akhirnya di IGD aku di cek dalem (udah tau kan cek dalem di apain?) dan dikasih tau udah bukaan 3 mau ke 4. 

Terus ga berapa lama suami ninggalin aku dulu buat beli bubur ayam, soalnya dari bangun tidur aku belom ada makan sama sekali baru minum air putih doang. Ga lama suami balik lagi dan disuruh urus kamar untuk rawat inap. Sambil menunggu suami yang tak kunjung datang, tapi kontraksi dateng terus dan rasanya mau teriak teriak sambil mukul-mukul dinding sangking sakitnya. Tapi aku cuman bisa ngeremas pinggiran tempat tidur di IGD sambil narik napas buang napas terus palingan ngucap Astagfirullah aja. Akhirnya suami balik, sempet nyuapin 2 apa 3 suap bubur doang terus aku dipindahin ke ruang inap di lantai 4 (kalo ga salah). Terus salah satu suster ngebantu aku buat ganti baju abis itu tiduran lagi dan ga lama susternya dateng lagi sambil makein alat ke perut yang katanya sih CTG susternya bilang, "jangan gerak ya bu, 20 menit". Nah tuh ya selama 20 menit kita nahan datengnya kontraksi tapi ga bisa gerak tuh rasanya kayak apa akhirnya cuman bisa genggam tangan suami sambil genggam pegangan kasur sambil ngerintih. Tepat jam 10 pagi aku di pindahin ke ruangan bersalin yang lokasinya masih di lantai yang sama dengan kamar rawat inapku.

Pas masuk ruangannya disitu udah ada kayak semacam incubator terus juga alat-alat penunjang buat ngebantu proses lahiran, ga lama susternya ada yg masuk dan minta tanda tangan suami (sebenernya minta tanda tangan suami tuh dari di ruangan rawat inap juga bolak balik susternya minta tanda tangan, isi ini, isi itu pokoknya suami ku di rempongin terus). Dan susternya juga bilang kalo Dokter Susanti ga bisa bantu untuk lahiran aku, karena saat itu dokter nya juga lagi bantu orang lahiran di Hermina Kemayoran. Aku yang denger udah agak agak lemes tapi menggigat si baby yang mau keluar jadi yang bodo amet siapa aja deh dokternya yg penting anak gue lahir sehat dan selamat. Susternya keluar ruangan lagi dan kayak langsung ngehub dokter lain untuk bantu lahiran aku. Pas susternya masuk lagi akhirnya dia bilang kalo bakal di bantu sama dokter Budi. Dan minta tanda tangan suami lagi (mungkin sebagai persetujuan kalo lahirannya di ganti sama dokter lain). Jam 11 tepat dokternya sampai, bukan rasis ya tapi dokternya itu cowo (soalnya dari awal suami udah SAY NO BANGET sama dokter cowo). Aku udah ga pake mikir apa-apa lagi aku pasrahin semua ke Allah dan aku percayakan dokter budi untuk bantu aku. Sebelum megang aku dokter budi ngomong dulu ke suami, "Pak mohon izin saya bantu ya istrinya" dengan suara lemah lembut dan super ramah banget.

Dan... Dokter budi bilang, "kalo kontraksinya dateng ibu udah boleh ngeden". Akhirnya pas kontraksinya dateng aku coba ngeden, berkali-kali sampe susternya ada yang teriak ke aku. "IBU NGEDENNYA BUKAN DI TENGGOROKAN TAPI DIBAWAH". Gue sampe 3 kali keram di kaki kanan pokoknya ngeden gue ga membuahkan hasil. Sampe akhirnya susternya ada yg bilang, "Ibu ga boleh mikirin diri sendiri ibu harus inget bayinya kasian bayinya bu, nanti bisa ga nangis bayinya karena kelamaan. Ayo bu..." Pokoknya itu 5 suster bener-bener pada support + ngegalakin + ngebantu banget. Ada yang sampe naik ke kasur gue buat bantu ngedorong perut gue. 

Dan akhirnya di Jam 11 Menit ke-46 gue pake Bismillah dan mencoba memfokuskan diri untuk ngedeeen sejadi jadinya ke bawah bukan di tenggorokan gue. Alhamdulillah dengan bantuan Vacum & Gunting dashyatnya si dokter. Fay lahir dengan selamat dan menangis keras. Suami gue udah langsung fokus liatin si Fay. sedangkan gue masih harus di obras dulu, ga inget berapa jaitan yang jelas rasanya sakit nyelekit but udah bodo amat deh yang penting Fay udah keluar, cuman yang paling berasa banget sakitnya pas dokternya bilang, "Maaf ya bu ini robeknya agak panjang jadi akan berasa banget karena ada yang saya jahit sampe ke arah anus". MASYAALLAH MAU TEREAK PAS DI JAITNYA ㅠㅠ Belum selesai sampe disitu karena darah ogut banyak banget keluar dokter akhirnya masukin tampon di balut balut sama kain kasa banyak gitu deh pokoknya segede gumpelan tangan lebih gede lagi dikit dan itu dimasukin kedalem kata dokter buat mengurangi pendarahan di dalem, dan ane dipakein kateter selama 1 x 24 jam yang besokannya Kateternya di buka sebelum dokter visit dan sekalian Tamponnya juga di ambil sama si dokter. 

Begitulah cerita lahiran saya, alhamdulillah bersyukur banget Fay lahir sehat dan lahiran saya termasuk cepet sih tapi tetep aja perjuangannya MasyaAllah. Semoga ibu-ibu diluar sana selalu diberi kesehatan dan kesabaran untuk menjaga dan merawat anak-anaknya ya.

Terima kasih sudah membaca cerita lahiranku, Next nya aku share lagi ya

No comments: