Sunday, October 14, 2018

Pengalaman Cek Kandungan GRATIS Pake BPJS

Assalamualaykum semuanya, akhirnya aku ngupdate setelah 12 hari kelahirannya Djenar Fayyaza Nuransa. Oke aku mau jelasin dulu aku akan update (mungkin) lumayan panjang. 

Senin, 1 Okt 2018 
Udah excited banget dari rumah buat berangkat ke Faskes BPJS aku yaitu Klinik Pratama Cempaka, oh iya singkat cerita aku belom pernah punya BPJS sama sekali sampe akhirnya aku bikin BPJS nempel dari kantor suami aku sebenernya udah punya BPJS nya dari akhir agustus, tapi karena awal september pak suami baru urus perubahan faskes akhirnya aku baru bisa pake BPJSnya per 1 okt untuk periksa di faskes yg baru. aku dateng jam 11 pagi dan langsung nunjukin kartu BPJS aku ke tempat pendaftaran dan bilang mau ketemu bidan untuk cek kandungan, ternyata bidannya baru ada jam 1 siang. 

Jadinya aku pulang lagi ke rumah dan dateng lagi sekitar jam setengah 2 siang. Setelah nunggu 30 menit (karena ada org yg lagi cek lab untuk kehamilannya) jadi nunggunya lama padahal siang itu pasien yg nungguin bidan ya cuman aku doang zzz Akhirnya giliran aku dipanggil dan lgsg disuruh tiduran di atas kasur. Terus bidannya coba cek kepala bayinya udah di panggul apa belom iya udah di panggul terus bidannya ngecek pake alat jantung baby nya, tapi sayang banget di klink permata cempaka ini ga ada alat usg nya alhasil bidannya setelah cek buku hamil antam medika ku bilang "ini babynya lumayan besar untuk lahir normal, boleh aku kasih rujukan ke RS aja biar denger option dari dokter dan sekalian usg." Pikiran aku toh ya gratis kenapa engga? ya aku lgsg iya-in aja. Aku dapet rujukan ke RS Resti Mulya dan dapet masukan buat ketemu dengan dokter Murthy Mutmainah. 

Namanya aku gercep anaknya aku langsung telfon RS Resti Mulya pas pulang dari klinik. oh iya aku cek di klinik ga ada dimintain biaya apa-apa ya cuman si bidan ini nanya ke aku, udah tes lab kehamilan belom? aku belom tes sama sekali, karena emang dari awal Dokter Susanti (dokterku di RS Antam Medika) itu ga ada nyuruh aku buat tes begituan dan dari pertama kali dateng sampe aku mau cek 37 minggu vitamin yg aku konsumsi cuman Folamil Genio doang, thats all. Biaya buat tes darah untuk kehamilan (ada nama lengkapnya tapi lupa wkwk) itu kalo di Klinik Pratama Cempaka kena Rp 250.000 dan suami saya memutuskan untuk saya TIDAK TES. 

Rabu, 3 Okt 2018 
Dari semalem udah bikin plan sama suami kalo bakalan di anter dulu ke RS Resti Mulya untuk daftar karena ketentuan di RS ini emang gitu daftar harus dateng langsung (untuk pasien baru) ga bisa via telfon. Jadilah jam set 7 pagi udah rapi naik motor sama suami ke RS. Nyampe RS aku bilang sama suami kalo misalnya lama di tinggal aja biar suami langsung berangkat ke kantor, aku nanti baliknya naik go-car/grab-car. Eh ga taunya cuman 3 menit daftarnya oh iya daftarnya itu bawa fotocopy kartu bpjs, surat rujukan (tapi harus di fotocopy dl, biar ada pegangan di kitanya. Walaupun berlaku hanya untuk 1 kali dateng). Malemnya aku jalan dari rumah abis isya, karena emang deket banget lokasi RS Resti Mulya ini dari jalan belakang rumah. 

Nyampe kurang lebih jam 8 malem, langsung ke ruang tunggu dan ga berapa lama di panggil buat di cek berat badan dan aku kasih buku hamilku yang dari RS Antam Medika (karena semua track record perhamilan ku ada disitu). Setelah itu aku disuruh tunggu lagi di depan ruangannya dokter Murthy. Sambil nunggu aku sama suami cuman bisa liat suster yg bolak balik terburu-buru terus manggil nama pasien selanjutnya, yg ada di otakku cuman pada sibuk banget aku tadinya mau nanya berapa lagi antriannya sampe nama aku di panggil tapi jadi sungkan karena ngeliat suster-susternya yg sibuk banget itu. 

Kurang lebih 30 menit setelahnya nama aku di panggil dan langsung disuruh masuk ruangan aku sama suami lgsg duduk kesan pertama aku ngeliat dokter Murthy ini Masih muda & semacam dokter-dokter gaul gitu. Terus dia nanya aku udah masuk minggu ke berapa aku bilang udah 38 minggu terus dia nyuruh aku untuk berbaring di kasur buat di periksa dalem (baru ketemu sekali dan langsung di periksa dalem) ini bener-bener first time banget aku diperiksa dalem sama dokter susanti aja belom pernah di periksa dalem jadi periksa dalem tuh ya jarinya si dokter di masukin ke kemaluan kita (rasanya pengen marah tapi ya pasrah). 

 Setelah itu dia nge-usg dan komen pertama yg keluar dari dokter murthy "anaknya besar ya 3,4kg ini". setelah itu aku pake lagi celana dalemku dan duduk lagi menghadap ke dokter murthy "kalo aku jujur ini pasti langsung aku sesar ya, ngeliat panggul kamu kecil dan babynya juga belom masuk ke jalan lahir dan babynya besar juga. Kamu udah test darah lengkap belom?" aku udah ga enak banget hati denger kata-kata sesarnya, "Belom dok." "Gini deh aku schedule-in lagi kamu ke sini tgl 10 tapi kalo bisa udah sekalian ada hasil test darah lengkapnya ya." Dan dokter itu ngasih balik buku ku + surat rujukan buat dateng lagi tgl 10 ke suster yg selalu sibuk itu. 

Dan aku sama suami keluar ruangan, kalo aku itung-itung aku diruangan itu kayaknya cuman 10-15 menit doang. Setelah itu susternya ngejelasin ke aku kalo tes darah di RS Resti Mulya ga di tanggung BPJS kalo mau yg Gratis boleh ceknya di puskesmas kalo di RS Resti Mulya kena biaya Rp 350.000 aku iya iya aja. Abis itu aku dikasih balik buku hamilku dan surat rujukan untuk cek kandungan lagi tgl 10 Oktober. Dan selesai aku ga ada bayar sama sekali aku langsung jalan keluar RS sama suamiku. 

Nyampe rumah setelah beli Sate Padang. Aku galau karena kata-kata sesarnya Dokter Murthy. Aku ga sreg dengan cara penyampaiannya, secara baru sekali ketemu tapi itu dokter sangat TO-THE-POINT sekali dan penggunaan katanya tuh kurang pas aja menurut aku. Bikin pasien jadi kepikiran, dan ga tenang. 

Lanjut ke cerita melahirkan ku ya

No comments: